Friday, May 3, 2013

GERAKAN MASSA


Gerakan massa adalah proses berpindahnya tanah atau batuan tanah atau batuan disebabkan oleh gaya gravitasi bumi. Gerakan massa ada beberapa macam yaitu :
1.       Creeping, (rayapan tanah) yaitu gerakan massa tanah sepanjang bidang batas dengan batuan induknya. Geraknnya sangat lambat, tidak dapat diikuti dengan pengamatan mata langsung. Baru diketahui setelah nampak adannya pohon atau tiang listrik/telpon yang miring.


2.      Mudflow, (aliran lumpur) yaitu gerakan massa yang relatif cair, dan gerakannya relatif cepat. Sebagai contoh yaitu aliran lahar dingin.


3.      Debris Flow, (aliran bahan rombakan) yaitu gerakan massa bahan rombakan yang kering dan bersifat lepas, dan gerakannya relatif cepat.


4.      Rock Fall, (jatuhan batuan) yaitu gerakan massa batuan atau bahan rombakan yang jatuh bebas karen adanya tebing terjal yang menggantung (hanging cliff) dan gerakannya relatif cepat.


5.    Debris Slide and Rock Slide, (geseran bahan rombakan dan geseran batuan) yaitu gerakan massa batuan atau bahan rombakan yang menggeser sepanjang bidang rata yang miring. Misalnya sepanjang permukaan bidang lapisan batuan.


6.        Slump, gerakan melalui bidang lengkung


7.     Subsidence, (amblesan) gerakan massa tanah atau batuan yang relatif vertikal, secara perlahan-lahan tetapi kadang kala terjadi dengan sangat cepat.


Gerakan massa dipengaruhi oleh faktor-faktor :
1.        Kekompakkan tanah atau batuan
2.        Vegetasi
3.        Kemiringan lereng
4.        Berat massa tanah atau batuan serta massa benda diatasnya
5.        Kandungan air
6.        Adanya bidang pelincinr yang miring
7.        Getaran bumi baik oleh genpa bumi maupun oleh sebab lain seperti lewatnya kendaraan berat 

2 comments: